Selasa, 07 Juli 2009

Seven Wonders of the World

Awalnya pada literatur dunia diketahui bahwa sejarah 7 Keajaiban Dunia dimulai dari Herodotus (484-425 SM), lalu dilanjutkan oleh Callimachus dari Cyrene (305-240 SM) di Museum Alexandria, dan Antipater dari Sidon (tidak diketahui masa hidupnya) yang pada tahun (140 SM) telah menuliskan 7 keajaiban dunia dalam bentuk puisi. Namun sayangnya tulisan mereka tersebut tidak bertahan lama dan hanya sebagai referensi saja. Wuih kebayang gak pada jaman itu mereka sudah mengakui dan mengagumi peradaban manusia. Pada saat itu dan hingga yang kita kenal, 7 Keajaiban Dunia merupakan daftar peninggalan yang paling bersejarah dari bangunan-bangunan di sekitar lautan Mediteranian. Berikut ini adalah daftar klasik yang asli :
7 keajaiban yg bersejarah : 



1) The Pyramids of Egypt (2650-2500 SM)
2) Hanging Gardens of Babylon (built by Nebuchadnezzar II) (600 SM)
3) Temple of the Greek Goddess Artemis at Ephesus (550 SM)
4) Statue of the Greek God Zeus at Olympia (435 SM)
5) Marble Tomb of King Mausolus Halicarnassus (351 SM)
6) Colossus of Rhodes (Statue of Greek God Helios) in Aegean Sea (292 -280 SM)
7) The Pharos (Lighthouse) at Alexandria, Egypt (300 SM)

Namun amat sangat disayangkan dari ketujuh daftar tersebut hanya Piramid Giza di Mesir saja yang masih utuh hingga di jaman modern ini. Selebihnya sudah luluh lantak (wuih bahasanya bo') akibat dari bencana alam dan peperangan.

Berikut ini adalah daftar 7 Keajaiban Dunia yang kemudian dibuat dan dikompilasi pada saat Abad Pertengahan atau dapat dikatakan dafatar lanjutan yang dibuat setelah masa abad pertengahan.7 keajaiban abad pertengahan


1) The Colosseum of Rome
2) The Catacombs of Alexandria, Egypt
3) The Great Wall of China
4) Stonehenge on Salisbury Plain, England
5) The Leaning Tower of Pisa
6) The Porcelain Tower of Nanking, China
7) The Mosque of Saint Sophia at Constantinople (now Istanbul)





Borobudur tak lagi masuk tujuh keajaiban dunia. Itulah yang diumumkan di Lisabon, Portugal, Sabtu (7/7/09) malam. Dari hasil pilihan hampir 100 juta pemilih, terpilih Taj Mahal di India, reruntuhan Pink Petra yang berusia beberapa abad di Yordania dan patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro. Terpilih pula reruntuhan Machu Picchu Inka di Peru dan Kota kuno bangsa Maya atau Chichen Itza di Meksiko. Tetap bertahan, tembok raksasa China dan Coliseum Roma.

Sebuah yayasan swasta Swiss meluncurkan kontes tersebut Januari silam untuk memungkinkan para pemilih melalui telpon dan internet menjatuhkan pilihan. Ketujuh situs tersebut menyisihkan beberapa calon favorit, seperti Acropolis di Yunani, Menara Eiffel di Paris, Prancis dan kebanggaan bangsa Indonesia, Candi Borobudur.

Kampanye yang disponsori swasta tersebut adalah gagasan seorang pembuat film Swiss dan kurator museum, Bernard Weber. Hal ini menyusul perusakan patung patung raksasa Buddha di Bamiyan, Afghanistan, oleh Taliban pada 2001. Namun, Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Kebudayaan (UNESCO) yang menetapkan situs warisan dunia, menolak mendukung kegiatan tersebut. Hal itu dinilai sebagai hasil prakarsa pribadi dan tak memberi pengaruh besar bagi konservasi bangunan bersejarah di dunia.

Berikut ini Foto - foto dari 7 keajaiban dunia yang terbaru :

Tembok Besar di China




Taman Petra di Yordania




Taj Mahal di India




Patung Yesus di Brazil




Kota Tua Maya di Meksiko




Gedung Kolaseum di Roma




Machu Picchu di Peru

1 komentar:

  1. Ya..... Saya sangat tertarik melihat Patung Tuhan Yesus yang ada di Brazil...

    Bujur man bandu ras Dibata simasu-masu.

    BalasHapus